Pengertian Dan Contoh Aplikasi Internet

Pengertian Dan Contoh Aplikasi Internet 
Aplikasi Internet adalah istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. 

Contoh beberapa aplikasi internet
  • E-mail / electronik mail : surat atau pesan elektronik yang dikirimkan oleh dan antar individu atau komputer. Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja, tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, foto dan juga suara. Contoh email: riswadi@si.raharja.ac.id 
  • Mailing List : sering disebut milis di kalangan neter Indonesia, salah satu jenis discussion group di internet. Anggota milis dapat berkomunikasi dengan mengirimkan email pada list address. Contoh milis: raharja10@groups.live.com 
  • Newsgroups : juga salah satu discussion groups yang ada di internet namun menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. 
  • File Transfer Protocol / FTP : layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet sehingga kita bisa men-download maupun upload file-file. 
  • Remote Login : layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet. 
  • World Wide Web / www : layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah perangkat lunak (software) yang disebut web browser. Contoh web browser : Internet Explorer, Mozila Firefox dll. 
  • Videoconference atau konferensi video adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan. 
  • Telephony atau sistem telepon: meliputi konversi sinyal-sinyal suara menjadi sinyal-sinyal listrik frekuensi-audio yang dapat dipancarkan melalui sebuah sistim transmisi listrik, dan dikonversikan kembali menjadi sinyal-sinyal tekanan suara pada ujung penerima. 
  • P2P Application : merupakan singkatan dari Peer-to-Peer atau teknologi dari “ujung” ke “ujung” pertama kali di luncurkan dan dipopulerkan oleh aplikasi-aplikasi “berbagi-berkas” (file sharing) seperti Napster dan KaZaA. Pada konteks ini teknologi P2P memungkinkan para pengguna untuk berbagi, mencari dan mengunduh berkas. 
  • Internet Broadcast : memungkinkan stasiun radio dan/atau televisi melakukan siaran (langsung/tidak langsung) melalui internet. 
Time Line of the Internet 

Internet Infrastruktur 

Who is who on the Internet 
Organisasi atau kelompok kerja di balik sebuah internet yang terdiri dari: 
  • Internet Society (ISOC): Didirikan pada tahun 1992, sebuah organisasi profesional nirlaba internasional yang menyediakan administratif dukungan untuk Internet. ISOC adalah organisasi untuk badan standardisasi Internet. 
  • Internet Engineering Task Force (IETF): Forum yang mengkoordinasikan pengembangan protokol dan standar yang baru. Disusun dalam kelompok kerja yang masing-masing dikhususkan untuk topik spesifik atau protokol. Kelompok-kelompok dokumen pekerjaan mereka dalam sebuah laporan yang disebut Request For Comments (RFC)/ permintaan untuk komentar. 
  • IRTF (Internet Research Task Force): adalah Satuan tugas penelitian Internet yang terdiri dari sejumlah fokus dan kelompok riset jangka panjang dan kecil. 
  • Internet Architecture Board (IAB): kelompok penasehat teknis, melakukan pengawasan arsitektur untuk protokol dan proses standar Internet. 
  • The Internet Engineering Steering Group (IESG): The IESG bertanggung jawab untuk manajemen teknis IETF dalam kegiatan dan proses standar Internet. Terdiri dari wilayah Direktur dari kelompok kerja IETF. 
Proses Standardisasi Internet 
In general, an Internet Standard is a specification that is stable and well-understood, is technically competent, has multiple, independent, and interoperable implementations with operational experience, enjoys significant public support, and is recognizably useful in some or all parts of the Inte 

Secara umum, suatu Standar Internet adalah sebuah spesifikasi yang stabil dan baik dipahami, secara teknis kompeten, memiliki beberapa implementasi, independen, dan interoperable dengan pengalaman operasional, menikmati dukungan publik yang signifikan, dan dapat dikenali berguna dalam beberapa atau semua bagian dari Internet. 

Not all specifications of protocols or services for the Internet should or will become Internet Standards.Tidak semua spesifikasi protokol atau layanan untuk Internet harus atau akan menjadi Standar Internet. Such non-standards track specifications are not subject to the rules for Internet standardization; generally, they will be published directly as RFCs at the discretion of the RFC editor. Seperti non-standar spesifikasi track tidak tunduk pada aturan-aturan untuk standardisasi internet, umumnya, mereka akan dipublikasikan secara langsung sebagai RFC pada kebijaksanaan editor RFC. These RFCs will be marked as "Experimental" or "Informational". RFC ini akan ditandai sebagai "Eksperimental" atau "Informational". Such non-standards-track documents do not necessarily reach the level of Standard. Seperti non-standar-melacak dokumen tidak selalu mencapai tingkat standar. 

IANA function 
IANA, singkatan dari Internet Assigned Numbers Authority adalah sebuah organisasi yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat yang mengurusi masalah penetapan parameter protokol internet, seperti ruang alamat IP, dan Domain Name System (DNS). IANA juga memiliki otoritas untuk menunjuk organisasi lainnya untuk memberikan blok alamat IP spesifik kepada pelanggan dan untuk meregistrasikan nama domain. IANA juga bertindak sebagai otoritas tertinggi untuk mengatur root DNS yang mengatur basis data pusat informasi DNS, selain tentunya menetapkan alamat IP untuk sistem-sistem otonom di dalam jaringan Internet. IANA beroperasi di bawah naungan Internet Society (ISOC). IANA juga dianggap sebagai bagian dari Internet Architecture Board (IAB). 

IANA memberikan tanggungjawab dalam mengatur pengaturan ruang alamat IP dan DNS kepada tiga badan lainnya yang bersifat regional, yakni Regional Internet Registries (RIR) 

Regional Internet Registries (RIR) 
Regional Internet Registries (RIR) didirikan dibawah wewenang IANA untuk melayani dan mewakili kawasan geografis yang luas. Peran utama mereka adalah mengatur, mendistribusikan, dan mendaftarkan address space internet publik di dalam wilayah mereka sendiri. Kini, terdapat empat RIR: APNIC, RIPE NCC, dan ARIN, walaupun terdapat pula sejumlah kecil RIR tambahan yang mungkin akan didirikan di masa mendatang. 
  • APNIC (Asia Pacific Network Information Center), yang bertanggungjawab dalam menangani kawasan Asia dan Australia. 
  • ARIN (American Registry for Internet Numbers), yang bertanggungjawab dalam menangani wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Afrika bagian Selatan (sub-Sahara). 
  • LACNIC (Latin America and some Caribbean Islands), yang bertanggungjawab dalam menangani kawasan Amerika Latin dan Kepulauan Karibia. 
  • RIPE (RĂ©eseaux IP EuropĂ©ens), yang bertanggungjawab dalam menangani wilayah Eropa dan Afrika bagian utara (Sahara).
Blog, Updated at: 02.25

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts