Kesalahpahaman sebagai Hambatan Memahami Ilmu

Kesalahpahaman sebagai Hambatan Memahami Ilmu
  • Peran kesalahpahaman dalam proses pembelajaran 
  • Deskripsi dan contoh dari beberapa kesalahpahaman umum dalam ilmu 
  • Metode untuk mengidentifikasi miskonsepsi 
  • Metode untuk memecah kesalahpahaman 
Guru dapat terkejut mengetahui bahwa meskipun upaya terbaik mereka , siswa tidak memahami ide-ide dasar yang tercakup dalam kelas . Bahkan beberapa siswa terbaik memberikan jawaban yang tepat, tetapi hanya menggunakan kata-kata dengan benar hafal . Ketika ditanya lebih dekat , para siswa ini mengungkapkan kegagalan mereka untuk memahami sepenuhnya konsep dasar. Siswa sering dapat menggunakan algoritma untuk memecahkan masalah numerik tanpa benar-benar memahami konsep ilmiah yang mendasari . Mazur ( 1996) melaporkan bahwa siswa di kelas fisika hafal persamaan dan kemampuan memecahkan masalah , tapi tampil buruk pada tes pemahaman konseptual . Nakhleh dan Mitchell (1993 ) mempelajari enam puluh siswa dalam kursus pengantar untuk jurusan kimia . Dalam ujian Selain menawarkan siswa informasi dan contoh-contoh membantu, kita harus menunjukkan kepada mereka proses penalaran yang mengarah pada algoritma dan generalisasi konseptual . Pencantuman pertanyaan konseptual pada tes adalah cara lain untuk menekankan pentingnya aspek pemecahan masalah. Dalam banyak kasus siswa telah mengembangkan ide-ide sebagian benar yang dapat digunakan sebagai dasar untuk belajar lebih lanjut ( Clement et al . , 1989) . Namun, banyak siswa tidak mengembangkan pemahaman yang tepat tentang konsep dasar dari awal studi mereka , dan kekurangan ini dapat mengganggu pembelajaran selanjutnya . 

Jenis-Jenis Kesalahpahaman 
Sebuah contoh akrab dari sekolah dasar adalah pemahaman siswa terhadap hubungan antara bumi dan matahari . Sementara tumbuh dewasa , anak-anak diberitahu oleh orang dewasa bahwa " matahari yang terbit dan terbenam , " memberi mereka sebuah gambar matahari yang bergerak sekitar bumi . Di sekolah , siswa diberitahu oleh guru ( tahun setelah mereka telah membentuk model mental mereka sendiri tentang bagaimana sesuatu bekerja ) bahwa bumi berputar . Siswa kemudian dihadapkan dengan tugas sulit menghapus citra mental yang masuk akal bagi mereka , berdasarkan pengamatan mereka sendiri , dan menggantinya dengan model yang tidak intuitif diterima . Tugas ini tidak sepele , bagi siswa harus membatalkan kerangka mental yang seluruh pengetahuan yang mereka telah digunakan untuk memahami dunia. Contoh dari bumi berputar daripada matahari mengorbit bumi adalah salah satu dari banyak yang guru merujuk secara kolektif sebagai kesalahpahaman . Kesalahpahaman dapat dikategorikan sebagai berikut : 
  • Prasangka pengertian adalah konsepsi populer berakar pada pengalaman sehari-hari . Sebagai contoh, banyak orang percaya bahwa air yang mengalir di bawah tanah harus mengalir di sungai karena air yang mereka lihat di permukaan bumi mengalir di sungai . Praduga wabah pandangan siswa panas , energi , dan gravitasi ( Brown dan Clement , 1991 ) , antara lain . 
  • keyakinan tidak ilmiah meliputi tampilan dipelajari oleh para siswa dari sumber selain pendidikan ilmiah, seperti ajaran agama atau mitos . Sebagai contoh, beberapa siswa telah belajar melalui pelajaran agama tentang sejarah singkat dari bumi dan bentuk hidupnya . Perbedaan antara ini keyakinan luas dan bukti ilmiah untuk jauh lebih lama pra - sejarah telah menyebabkan kontroversi dalam pengajaran ilmu pengetahuan . 
  • kesalahpahaman konseptual muncul ketika siswa diajarkan informasi ilmiah dengan cara yang tidak memprovokasi mereka untuk menghadapi paradoks dan konflik yang dihasilkan dari praduga mereka sendiri dan keyakinan tidak ilmiah . Untuk mengatasi kebingungan mereka , siswa membangun model rusak yang biasanya sangat lemah sehingga siswa sendiri tidak aman tentang konsep . 
  • kesalahpahaman vernakular timbul dari penggunaan kata-kata yang berarti satu hal dalam kehidupan sehari-hari dan lain dalam konteks ilmiah ( misalnya , "bekerja " ) . Seorang profesor geologi mencatat bahwa siswa mengalami kesulitan dengan gagasan bahwa gletser mundur , karena mereka membayangkan berhenti gletser , berbalik , dan bergerak ke arah yang berlawanan . Pergantian kata " meleleh " untuk " mundur" membantu memperkuat interpretasi yang benar bahwa akhir depan gletser mencair lebih cepat daripada hanya kemajuan es . 
  • kesalahpahaman faktual adalah falsities sering belajar pada usia dini dan mempertahankan tertandingi hingga dewasa . Jika Anda berpikir tentang hal ini , gagasan bahwa " petir tidak pernah menyerang dua kali di tempat yang sama " jelas omong kosong, tapi gagasan yang mungkin terkubur di suatu tempat di sistem keyakinan Anda. 
Cara Mematahkan Berbagai Miskonsepsi 
Meskipun kesalahpahaman vernakular dan faktual sering dapat mudah diperbaiki , bahkan oleh siswa itu sendiri , itu tidak efektif untuk guru hanya untuk bersikeras bahwa pelajar mengabaikan praduga dan tertanam keyakinan tidak ilmiah . Penelitian terbaru tentang kesalahpahaman konseptual siswa dari fenomena alam menunjukkan bahwa konsep-konsep baru tidak bisa dipelajari jika model alternatif yang menjelaskan fenomena yang sudah ada dalam pikiran peserta didik . Meskipun para ilmuwan umumnya melihat model yang salah seperti dengan jijik , mereka sering disukai oleh pelajar karena mereka tampaknya lebih masuk akal dan mungkin lebih berguna untuk tujuan pembelajar ( Mayer , 1987) . Keyakinan ini dapat bertahan kecurigaan sebagai berlama-lama dalam pikiran siswa dan dapat menghambat belajar lebih lanjut ( McDermott , 1991) . Sebelum menganut konsep dianggap benar oleh komunitas ilmiah , siswa harus menghadapi keyakinan mereka sendiri bersama dengan paradoks terkait dan keterbatasan dan kemudian berusaha untuk merekonstruksi pengetahuan yang diperlukan untuk memahami model ilmiah yang disajikan . Proses ini mengharuskan guru : 
  • Mengidentifikasi kesalahpahaman siswa. 
  •  Menyediakan forum bagi siswa untuk menghadapi kesalahpahaman mereka . 
  • siswa Membantu merekonstruksi dan menginternalisasi pengetahuan mereka , berdasarkan model ilmiah .
Blog, Updated at: 11.01

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts