MENGGUNAKAN ILMU UNTUK MENJELAJAHI DUNIA

MENGGUNAKAN ILMU UNTUK MENJELAJAHI DUNIA
Pada tingkat ini lingkungan belajar yang efektif memberikan kesempatan untuk mengembangkan kesadaran dan keterlibatan dengan dunia di sekitar mereka melalui :
  • Bermain dengan , mengeksplorasi , mengumpulkan , menangani , menyortir , dan mengklasifikasikan obyek 
  • Menggunakan penyelenggara grafis dan strategi lain untuk memotivasi , mengorganisir , dan mengidentifikasi pertanyaan anak-anak bertanya tentang dunia . [Test Guess ]
  • Menggunakan alat ( misalnya : tindakan non standar , penguasa , dan bantu ) untuk meningkatkan pengamatan , mengumpulkan , mewakili dan menafsirkan data.
  • Pengorganisasian dan memanipulasi data dalam berbagai cara , yang mungkin termasuk alat-alat teknologi , misalnya , kalkulator , dan komputer .
  • Berkomunikasi ( melalui membaca , menulis, berbicara , mendengarkan , gerakan dan viewing) untuk menggambarkan pengamatan mereka tentang dunia .
Pada tingkat ini pada khususnya , ilmu harus diintegrasikan dengan daerah kurikuler lainnya (misalnya , membaca, menulis , matematika , ilmu sosial , teknologi , seni, musik , atau fisik pendidikan ) .

MAHASISWA DAN IDENTIFIKASI BENTUK PEMAHAMAN MEREKA DUNIA
Pada tingkat ini , lingkungan belajar yang efektif memberikan kesempatan untuk penyelidikan kolaboratif di bidang , ruang kelas , dan laboratorium . Siswa-siswa ini membutuhkan pengetahuan konten serta praktek sering dan bervariasi dalam eksperimen dan penyelidikan . Karena siswa di tahun-tahun tengah cenderung berpusat pada bukti-bukti yang mendukung keyakinan mereka saat ini , mereka harus mampu memeriksa keyakinan dan konsep mereka dalam lingkungan yang aman dan dilengkapi dengan teori-teori ilmiah sebagai alternatif . Pada tingkat ini lingkungan belajar yang efektif memberikan kesempatan bagi siswa untuk membangun pemahaman baru dan memvalidasi teori-teori ilmiah dan penjelasan melalui :
  • Memberikan sering kesempatan bagi siswa untuk terlibat dalam Pertanyaan penuh dan parsial
  • Memberikan siswa dengan konten latar belakang dan teori-teori untuk memandu desain mereka dari pengamatan dan penyelidikan .
  • Membantu siswa membentuk dan mengubah latar belakang pengetahuan mereka melalui percobaan dan pengamatan . Siswa harus mengembangkan kemampuan mereka dalam pengamatan sistematis , membuat pengukuran yang akurat , dan mengidentifikasi dan mengendalikan variabel .
  • Karena siswa di tahun-tahun tengah cenderung berpusat pada bukti-bukti yang mendukung keyakinan mereka saat ini , guru perlu untuk menantang keyakinan saat ini dan konsep-konsep yang memegang siswa dan memberikan teori-teori ilmiah sebagai alternatif .
  • Memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk membangun dan memperbaiki metode eksperimen , pengumpulan data dan pelaporan .
  • Mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan untuk menyajikan pemahaman mereka menggunakan bahasa ilmu untuk berkomunikasi penjelasan ilmiah dan ide-ide . Siswa harus menerima kritik dan pertanyaan dan harus mampu memberikan hal yang sama bagi sesama kelompok mahasiswa dan individu .
  • Penggunaan menulis , gambar label , menyelesaikan peta konsep , mengembangkan spreadsheet , dan merancang gambar komputer dan representasi harus menjadi bagian dari pengalaman sains sekolah menengah .
  • Gunakan sastra dan teknologi , dan penyelenggara grafis untuk mendukung penjelasan yang berbeda dan prediksi
Sains adalah cara untuk mengetahui dan memahami dunia di sekitar kita . Karena ilmu pengetahuan memainkan peran kunci dalam mengembangkan warga negara informasi , penting bahwa semua anak-anak sekolah menengah memiliki pengalaman di perusahaan dan isi dari ilmu pengetahuan.

REFINING, MEMPERKAYA, DAN PENERAPAN KONSEP ILMU KUNCI
Adalah penting bahwa siswa mengembangkan pemahaman yang kuat tentang bagaimana domain tertentu dari ilmu beroperasi. Siswa di SMA harus belajar ilmu pengetahuan dalam kursus dengan tujuan konten yang jelas dan harapan. Memahami hubungan satu ilmu domain yang lain adalah penting namun penelitian menunjukkan siswa membutuhkan pengetahuan dan keterampilan terkonsentrasi dalam domain ilmu tertentu .

Program menjadi lebih konten - intensif tanpa kehilangan komponen lapangan , pengalaman , dan laboratorium . Meskipun konten dapat mengambil peran yang lebih menonjol , instruksi harus dilanjutkan sebanyak mungkin atas dasar penyelidikan. Jalur alternatif mungkin ada untuk melayani kebutuhan siswa semakin berbeda.
  • Gunakan eksperimentasi terkontrol formal untuk mengumpulkan data tentang dunia alam . Membatasi ruang lingkup , mengisolasi variabel, membuktikan atau menyangkal hipotesis terbatas .
  • Menghasilkan pertanyaan mereka sendiri , mengembangkan hipotesis , dan desain atau memodifikasi percobaan untuk menguji hipotesis tersebut .
  • Memanipulasi aparat ilmiah dan menggunakan teknologi canggih untuk mengumpulkan data ( misalnya, trek udara, elektroforesis, laser, titrasi gelas. )
  • Menganalisis data untuk memvalidasi atau menolak hipotesis dikumpulkan .
  • Mengartikulasikan jelas dan membela sudut pandang ilmiah .
Pentingnya menghubungkan konten sains untuk kehidupan mahasiswa tidak bisa terlalu ditekankan . Kemampuan siswa untuk menghubungkan konten baru ke pengetahuan pribadi ilmu mereka sangat penting bagi siswa untuk memahami dan mengingat konsep-konsep . Kolaborasi dalam ilmu sebagai proses kritis akan dibina di dalam kelas . Selain itu, peningkatan penggunaan penalaran kuantitatif harus terjadi di seluruh sekolah tinggi .

Apa Sains ?
Informasi berikut harus membantu untuk guru , orangtua, dan siswa . Salah satu masalah terbesar dalam ilmu pusat pendidikan tentang kurangnya pemahaman oleh masyarakat umum .

Guru sains mengajarkan tentang konsep ilmu dalam kelas mereka , tetapi jarang sekali mereka mengambil waktu untuk membantu siswa memahami apa yang ilmu pengetahuan dan apa yang bukan . The Hampshire Kerangka Baru untuk Sains Literasi berisi informasi tentang apa yang ilmu pengetahuan dan dimaksudkan bahwa guru akan mengambil waktu untuk berulang kali membantu siswa memahami sifat ilmu pengetahuan . Usaha ilmu pengetahuan adalah untuk mengembangkan teori berdasarkan penjelasan alami tentang bagaimana alam bekerja .

Siswa perlu menyadari bagaimana proses ilmiah yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan baru . Cara terbaik bagi mereka untuk melakukan ini adalah untuk menghabiskan waktu dengan menggunakan penyelidikan ilmiah , eksperimen , membahas data, menarik kesimpulan berdasarkan data , dan menulis kesimpulan berdasarkan bukti . Proses ini harus dilakukan di setiap program ilmu pengetahuan pada setiap tingkat ilmu pengetahuan. Hal ini juga diharapkan bahwa siswa menyadari karya ilmiah masa lalu yang membentuk dasar untuk pengembangan teori ini, dan fakta bahwa teori-teori ilmiah dibangun pada karya berurutan dari banyak ilmuwan dari waktu ke waktu .

The Nature of Science
( Diadaptasi dari Arkansas Ilmu Kerangka 1999)
Orang-orang memiliki banyak cara untuk mengetahui tentang dunia mereka termasuk pengetahuan ilmiah , pengetahuan sosial , ilmu agama dan pengetahuan budaya . Ilmu berbeda dari cara-cara lain untuk mengetahui cara-cara penting (lihat : Perbandingan Cara Mengetahui ) .

Sains adalah sistem menjelajahi alam semesta melalui data yang dikumpulkan oleh pengamatan , eksperimentasi dan verifikasi sebaya . Data ini harus ditinjau oleh banyak ilmuwan sebelum diterima sebagai alat bukti yang sah . Berdasarkan bukti dari data yang dikumpulkan , teori-teori yang diajukan untuk menjelaskan dan menjelaskan pengamatan . Ilmu harus membatasi diri untuk penjelasan tentang dunia alam .

Keberhasilan dan kredibilitas ilmu yang berlabuh di kesediaan para ilmuwan untuk :
1 . Paparan ide dan hasil mereka untuk pengujian independen dan replikasi oleh para ilmuwan lainnya . Hal ini memerlukan pertukaran lengkap dan terbuka data, prosedur dan bahan .
2 . Meninggalkan atau memodifikasi kesimpulan diterima ketika dihadapkan dengan bukti eksperimental lebih lengkap atau dapat diandalkan .

Definisi ilmu untuk istilah berikut khusus :
Fakta: Dalam ilmu , pengamatan yang telah berulang kali dikonfirmasi
Hipotesis : Sebuah pernyataan diuji atau prediksi tentang dunia alam yang dapat didukung oleh percobaan atau pengamatan
Hukum: Sebuah generalisasi deskriptif atau pola tentang bagaimana beberapa aspek dari dunia alam berperilaku dalam keadaan menyatakan , sering dinyatakan dalam bentuk persamaan matematika
Teori : Dalam ilmu , penjelasan yang dibuktikan bagaimana alam bekerja yang menjelaskan fakta-fakta , hukum , kesimpulan , dan hipotesis diuji

Sebelum teori dapat dimasukkan dalam sistem ilmu pengetahuan , harus memenuhi semua kriteria sebagai berikut :
1 . Bisa menjelaskan apa yang telah diamati ;
2 . Dapat memprediksi apa yang belum diamati , dan
3 . Dapat diuji oleh eksperimen lebih lanjut dan untuk dimodifikasi seperti yang dipersyaratkan oleh akuisisi data baru .

Orang sering menggunakan teori kata berarti firasat atau menebak , tetapi sebagai kriteria ini menunjukkan , itu tidak benar . Sebuah teori ilmiah diadakan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi dan didukung oleh bukti yang cukup untuk membuat yang tidak mungkin ditinggalkan . Sebagai bukti baru ditemukan , teori dapat dimodifikasi tetapi hanya dengan bukti kuat , verifikasi dan peer review . Usaha ilmu pengetahuan adalah untuk membangun teori-teori yang menjelaskan bagaimana alam bekerja dan memprediksi bagaimana mungkin bekerja di masa depan .

Sains bukanlah masalah keyakinan , melainkan adalah masalah bukti konklusif yang dapat dikenai uji observasi , penalaran dan peer review . Kompetisi terbuka ide-ide dalam makalah yang diterbitkan merupakan bagian utama dari karya ilmiah .

Tujuan dari ilmu pengetahuan adalah pemahaman tentang prinsip-prinsip umum yang mendasari fungsi alam semesta . Pemahaman tersebut dicapai melalui empat komponen :
1 . Pengamatan fakta atau fenomena tertentu
2 . Perumusan generalisasi tentang fenomena tersebut
3 . Produksi hipotesis kausal berkaitan fenomena
4 . Uji hipotesis kausal dengan cara observasi dan eksperimen lebih lanjut

Ilmu ini didasarkan pada dua asumsi dasar :
1 . Penjelasan naturalistik sudah cukup untuk menjelaskan fungsi dari alam semesta .
2 . Alam semesta dapat dipahami menggunakan logika dan berpikir rasional .

Dua jenis bukti yang diterima oleh para ilmuwan berlatih :
1 . Konfirmasi hipotesis dengan data yang memperkuat validitas mereka .
2 . Inkonsistensi data yang diulang dengan hipotesis akhirnya mengarah pada penolakan hipotesis .

Sains hanya bisa berhubungan dengan kejadian atau hal-hal yang dapat diukur , diamati atau dideteksi . Hal ini tidak dapat digunakan untuk menyelidiki semua pertanyaan . Ada keyakinan yang tidak dapat dibuktikan atau dibantah oleh sifat mereka (misalnya , makna hidup atau adanya kekuatan gaib dan makhluk ) . Dalam kasus lain , pendekatan ilmiah yang mungkin berlaku kemungkinan akan ditolak sebagai tidak relevan oleh orang yang memegang keyakinan tertentu (misalnya , astrologi , meramal , dan takhayul ) . Para ilmuwan tidak memiliki sarana untuk menyelesaikan isu-isu tentang yang baik dan yang jahat . Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini harus ditemukan dalam agama , filsafat , cita-cita budaya dan sistem lain dari kepercayaan .
Blog, Updated at: 10.45

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts