Pengertian Perancangan Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian Perancangan Sistem Menurut Para Ahli
Menurut McLeod (2007 ,p238) perancangan sistem adalah penentuan proses dan data yang diperlukan oleh sistem baru, jika sistem itu berbasis komputer, perancangan dapat dinyatakan spesifikasi peralatan yang digunakan.

Menurut Mardi MSI (2011 ,p124) menjelaskan bahwa pengembangan sistem idealnya dilaksanakan dalam suatu kerangka rancangan induk sistem yang mengkoordinasikan proyek pengembangan sistem kedalam rancangan strategis perusahaan.

Dapat disimpulkan bahwa perencanaan sistem adalah proses penerjemahan kebutuhan pemakai informasi yang diperlukan oleh sistem yang ada serta untuk menunjang pengembangan sistem yang baru.

UML (Unified Modeling Language)
Menurut Rama dan Jones (2008 ,p78), menyatakan bahwa UML merupakan suatu bahasa yang digunakan untuk menentukan, menvisualisasikan, membangun, dan mendokumentasikan suatu sistem informasi.

Empat aktifitas utama dalam membuat UML class diagram adalah:
a. Menempatkan transaction table yang dibutuhkan pada UML class diagram.
b. Menempatkan master table yang dibutuhkan pada UML class diagram.
c. Menentukan hubungan yang dibutuhkan antara masing-masing table (transaction and master).
d. Menentukan atribut apa saja yang akan dibutuhkan dalam membuat UML

Menurut Sholiq (2010 ,p223), menyatakan bahasa pemodelan yang digunakan untuk menganalisis dan merancang sistem informasi yang dimulai dari pemodelan proses bisnis organisasi sampai dengan pemodelan kelas-kelas dan komponen-komponen system.

Jadi dapat disimpulkan bahwa UML adalah bahasa modeling yang digunakan untuk menganalisis, mendesain, dan mendokumentasikan sistem yang terkait dengan objek.
Blog, Updated at: 08.15

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts