Teori-Teori ilmiah

Teori-Teori ilmiah
Teori ilmu bukan firasat atau dugaan , tapi semua telah mengalami pengujian berulang dan verifikasi . Semua teori ilmiah dapat berubah sebagai bukti baru datang harus diterima oleh semua ilmuwan . Siswa harus mengembangkan pemahaman tentang teori-teori dasar yang mendasar dalam ilmu pengetahuan dan yang memandu pemahaman ilmiah . Beberapa teori-teori ilmiah saat ini tercantum di bawah ini :

Teori Atom : Teori ini menyatakan bahwa atom merupakan unit terkecil dari materi . Atom kompos dari inti di tengah-tengah atom yang terdiri dari neutron dan proton ( kedua hal ini dapat terurai menjadi partikel yang lebih kecil ) . Neutron tidak memiliki muatan . Proton memiliki muatan positif . Kelilingi inti adalah elektron yang berputar-putar di sekitar inti dalam kawasan yang luas , daripada mengorbit dalam pola tetap ( awan elektron ) . Elektron memiliki muatan negatif . Banyak ilmuwan modern telah memberikan kontribusi terhadap pandangan kita saat ini atom di mana elektron berputar-putar di sekitar inti dalam kawasan yang luas ( awan elektron ) , daripada mengorbit dalam pola tetap. Ditambah teori kuantum modern menunjukkan bagaimana partikel atom seperti elektron juga dapat dilihat sebagai memiliki sifat seperti gelombang ( lihat di bawah ) .

Big Bang Theory : Teori Ledakan Besar mengasumsikan bahwa alam semesta dimulai dari keadaan tunggal berkerapatan tak terhingga dan memperluas dari ledakan saat penciptaan . Teori ini dikembangkan lebih lanjut pada tahun 1940 oleh George Gamow dan RA Alpher . Fred Hoyle menciptakan istilah Big Bang . The Big Bang Theory adalah teori ilmiah yang dominan tentang asal-usul alam semesta . Menurut big bang , alam semesta diciptakan kira-kira antara 10 miliar dan 20 miliar tahun yang lalu dari sebuah ledakan kosmik yang melemparkan materi dan segala arah .

Gravity Theory : Gravitasi , atau gravitasi , adalah kekuatan yang menarik semua benda di alam semesta . Yang paling akrab dari empat interaksi dasar materi , gravitasi memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari interaksi lain : ( 1 ) Ini adalah universal; ( 2 ) Itu selalu menarik , (3 ) Ini adalah interaksi jarak jauh , dan ( 4 ) ini adalah jangka panjang gaya tarik mempengaruhi semua materi .

Teori Evolusi : Teori Evolusi mengatakan bahwa semua makhluk hidup yang terkait satu sama lain melalui nenek moyang yang sama dari bentuk-bentuk awal yang berbeda dari bentuk-bentuk yang hadir . Persis bagaimana evolusi terjadi masih menjadi bahan perdebatan , tetapi itu terjadi adalah fakta ilmiah . Ahli biologi setuju bahwa semua makhluk hidup muncul melalui sejarah panjang perubahan dibentuk oleh proses fisik dan kimia yang masih berlangsung . Menurut teori ini , variabilitas antar individu dalam populasi organisme yang bereproduksi secara seksual diproduksi oleh mutasi dan rekombinasi genetik . Variabilitas genetik yang dihasilkan tunduk pada seleksi alam di lingkungan.

Teori Cell : Teori sel hidup menyatakan : ( 1 ) Semua bahan hidup terdiri dari sel-sel , (2 ) Semua sel berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya , sebagian besar sel-sel muncul dengan pembelahan sel , tetapi dalam organisme seksual mereka dapat dibentuk oleh fusi sperma dan sel telur , (3 ) sebuah sel adalah unit paling dasar dari kehidupan, ( 4 ) Setiap sel dibatasi oleh membran plasma , kulit sangat tipis yang memisahkannya dari lingkungan dan dari sel-sel lain , (5 ) Semua sel memiliki kesamaan biokimia yang kuat , dan ( 6 ) Kebanyakan sel kecil , sekitar 0,001 cm ( 0,0004 in) panjang , misalnya , sel-sel terkecil dari mycoplasma mikroorganisme adalah 0,3 mikrometer dalam ukuran , sedangkan beberapa sel ganggang raksasa mungkin beberapa sentimeter panjang .

The Germ Theory of Disease : bakteriologi Perancis Louis Pasteur dianggap sebagai pendiri mikrobiologi . Pasteur menyatakan bahwa penyakit menular yang disebabkan oleh kuman . Teori kuman telah mempengaruhi pandangan kita terhadap penyakit menular , operasi , manajemen rumah sakit , pertanian , dan industri .

Relativitas Teori : teori Albert Einstein relativitas khusus , yang diterbitkan pada tahun 1905 , mengungkapkan bahwa energi dan materi adalah manifestasi yang berbeda dari fenomena yang sama dan bisa diubah menjadi satu sama lain dalam hal hubungan E = mc2 . Teori Einstein relativitas umum , yang diterbitkan pada tahun 1917 , memberikan cara baru yang kuat untuk melihat gravitasi sebagai warping dari empat dimensi ruang-waktu kontinum oleh kehadiran materi . Jika ruang - waktu dibayangkan sebagai lembaran karet , maka benda-benda besar seperti bintang dan galaksi menciptakan deformasi dalam ruang-waktu , seperti bola bowling duduk di kasur membuat penyok di mana benda-benda kecil di dekatnya jatuh . Dengan demikian bentuk ruang-waktu menentukan perilaku materi / energi. Pada saat yang sama , kehadiran materi / energi menentukan bentuk ruang-waktu .

Teori Lempeng Tektonik : Lempeng tektonik adalah teori merangkul semua bahwa bumi dibagi menjadi beberapa pelat kaku mengambang di bertapak kental dalam mantel . Alfred L. Wegener adalah orang pertama yang mengusulkan pada tahun 1912 bahwa benua-benua itu pada satu waktu terhubung dan sempat renggang . Pada tahun 1960 ketika HH Hess mengemukakan bahwa dasar laut baru diciptakan di pegunungan tengah samudera dan laut berevolusi dengan dasar laut menyebar .

Quantum Theory : Teori ini mengatakan bahwa energi ada di unit diskrit kecil yang disebut kuanta . Sama seperti teori sebelumnya menunjukkan bagaimana cahaya , umumnya dipandang sebagai gerakan gelombang , bisa juga dalam beberapa hal dapat dilihat sebagai terdiri dari partikel diskrit ( foton ) , teori kuantum menunjukkan bagaimana partikel atom seperti elektron juga dapat dilihat sebagai memiliki sifat seperti gelombang . Teori Quantum adalah dasar dari fisika partikel , kimia teori modern, dan fisika solid-state yang menggambarkan perilaku dari chip silikon yang digunakan dalam komputer . Teori kuantum dan teori relativitas bersama-sama membentuk teori dasar fisika modern . Kemudian bekerja dengan para ilmuwan diuraikan teori mekanika kuantum ke dalam apa yang disebut ( atau gelombang mekanik ) .

Bersatu Field Theory : Teori ini mengusulkan untuk menyatukan empat interaksi dikenal , atau kekuatan - kuat , elektromagnetik , lemah , dan gravitasi pasukan - oleh seperangkat sederhana hukum umum . Keempat kekuatan yang berbeda mengontrol semua interaksi yang diamati dalam hal : gravitasi , elektromagnetisme , gaya kuat ( kekuatan yang memegang inti atom bersama-sama ) , dan gaya lemah (gaya hadir dalam beberapa proses nuklir ) .
Blog, Updated at: 10.48

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts