KONSEP-KONSEP DASAR PENELITIAN

KONSEP-KONSEP DASAR PENELITIAN
Upaya-upaya Manusia untuk Memperoleh Kebenaran 
1. Curiousity is Beginning of Knowledge 
Pengetahuan (knowledge) dan ilmu (science) berawal dari kekaguman manusia akan alam yang dihadapinya, baik alam besar (macro cosmos) maupun alam kecil (micro cosmos). Kekaguman tersebut kemudian menyebabkan timbulnya rasa ingin tahu (curiousity). Rasa ingin tahu manusia akan terpuaskan bila dirinya mendapatkan penjelasan menge nai apa yang dipertanyakan. Untuk itu manusia menempuh berbagai upaya agar memperoleh pengetahuan yang benar (kebenaran), yang secara garis besar dibedakan menjadi dua : secara tradisional (pendekatan non ilmiah) dan secara modern (pendekatan ilmiah). 

2. Pendekatan Non ilmiah 
Upaya untuk memperoleh pengetahuan atau memahami fenomenafenomena tertentu ada yang dilakukan secara tradisional atau non ilmiah. Upaya ini muncul di masyarakat secara alami seiring dengan munculnya berbagai fenomena atau masalah yang membutuhkan penjelasan. Ada beberapa pendekatan non-ilmiah yang banyak dipakai untuk memperoleh pengetahuan atau kebenaran (Suryabrata, 2000: 3; Ary, Jacobs, dan Razavieh, 2000: 20) yaitu : a. akal sehat, b. prasangka, c. intuisi, d.penemuan kebetulan dan coba-coba (tral and error), e. pendapat otoritas dan pikiran kritis , serta f. pengalaman (Sumadi Suryabrata, 2000 : 3). 

3. Pendekatan Ilmiah (modern) 
Dengan pendekatan ilmiah manusia berusaha memperoleh kebenaran ilmiah, yaitu kebenaran yang dapat dipertanggung jawaban secara rasional dan empiris. Kebenaran semacam ini dapat diperoleh dengan metoda ilmiah (scientific method). Metoda ilmiah dapat dibedakan menjadi dua macam (Johnson, 2005) , yaitu :  
a. Deductive method involved the following three steps : 
1) State the hypothesis (based on theory or research literature); 
2) Collect data to test hypothesis; 
3) Make decision to accept or reject the hypothesis. 

b. Inductive method. This approach also involves three steps: 
1) Observe the world; 
2) Search for a pattern in what is observed; 
3) Make a generalization about what is occuring. 

 Kedua metoda tersebut selanjutnya oleh Johnson divisualisasikan sebagai berikut.  

Gambar  METODA INDUKTIF DAN DEDUKTIF
Blog, Updated at: 01.33

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts