Perencanaan Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam

Perencanaan Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Islam
Perencanaan Pendidikan Karakter dalam PAI dilakukan saat penyusunan perencanaan pembelajaran. Penyusunan rencana pembelajaran dalam bentuk pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Berdasarkan penulusuran dokumen silabus dan RPP, pendidikan karakter dalam PAI memasukkan nilai-nilai Pendidikan Karakter dengan melihat SK. SK PAI yang memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter religius adalah memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi, menampilkan sikap husnu zhan terhadap Allah, Siswa rajin beribadah, berdo’a dan khusyu’ melaksanakannya, meningkatkan keimanan kepada Malaikat, membiasakan perilaku terpuji, memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan, memahami ayatayat al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa, meningkatkan keimanan kepada Rasul-Rasul Allah, membiasakan berperilaku terpuji, memahami hukum Islam tentang Mu’amalah, memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250–1800), meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah, menghindari perilaku tercela (dosa-dosa besar), memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah, memahami khutbah, tabligh dan dakwah, meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir, memahami sifat adil, ridha, dan amal shaleh, memahami ayatayat al-Quran tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadar. 

Sedangkan nilai karakter kejujuran dimasukkan dalam Standar Kompetensi menghindari perlikaku tercela, meningkatkan keimanan kepada Rasul-Rasul Allah, membiasakan berperilaku terpuji, memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250–1800), menghargai karya orang lain, meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir, meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadar, memahami hukum Islam tentang waris. 

Nilai toleransi dimasukkan dalam Standar Kompetensi memahami ayat-ayat al-Quran tentang demokrasi, meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah, memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah, memahami khutbah, tabligh dan dakwah, memahami ayat-ayat al-Quran tentang anjuran bertoleransi, memahami perkembangan Islam di duna. 

Nilai karakter disiplin dimasukkan dalam Standar Kompetensi meningkatkan keimanan kepada malaikat, membiasakan perilaku terpuji, menghindari perlikaku tercela (dosa besar), meningkatkan keimanan kepada Rasul-Rasul Allah, meningkatkan keimanan kepada Rasul-Rasul Allah, membiasakan berperilaku terpuji (mencerminkan perilaku taubat dan raja’), memahami khutbah, tabligh dan dakwah, memahami ayat-ayat al-Quran tentang etos kerja. 

Nilai karakter kerja keras dimasukkan dalam Standar Kompetensi memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250–1800), memahami ayat-ayat al- Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, menghargai karya orang lain, memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800– sekarang), memahami ayat-ayat al-Quran tentang etos kerja, memahami ayat-ayat al-Quran tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Nilai karakter kreatif dimasukkan dalam Standar Kompetensi memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan, memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa, memahami hukum Islam tentang Mu’amalah, memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250–1800), memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, memahami ayatayat al-Qur’an tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Nilai karakter mandiri dimasukkan dalam Standar Kompetensi meningkatkan keimanan kepada Rasul-Rasul Allah, memahami hukum Islam tentang Mu’amalah, Memahami ayat-ayat al-Quran tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Nilai karakter demokratis dimasukkan dalam Standar Kompetensi memahami ayat-ayat al-Quran tentang demokrasi, menghindari perlikaku tercela, memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah, memahami ayatayat al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan, memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa. 

Nilai karakter rasa ingin tahu dimasukkan dalam Standar Kompetensi memahami ayat-ayat al-Quran tentang demokrasi, menghindari perilaku tercela, memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan, memahami hukum Islam tentang mu’amalah, memahami ayat-ayat al Quran tentang anjuran bertoleransi, memahami ayat-ayat al-Quran tentang etos kerja, memahami hukum Islam tentang hukum keluarga, memahami perkembangan Islam di Indonesia, memahami ayat-ayat al-Quran tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memahami perkembangan Islam di duna. 

Nilai karakter semangat kebangsaan dimasukkan dalam Standar Kompetensi memahami hukum Islam tentang infaq, zakat, haji dan waqaf, memahami keteladanan Rasulullah Saw. dalam membina umat periode Madinah, memahami perkembangan Islam di Indonesia, memahami persatuan dan kerukunan, memahami perkembangan Islam di duna. Nilai karakter cinta tanah air dimasukkan dalam Standar Kompetensi memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah, memahami perkembangan Islam di Indonesia, memahami persatuan dan kerukunan, memahami perkembangan Islam di duna. 

Nilai karakter menghargai prestasi dimasukkan dalam memahami hukum Islam tentang mu’amalah, menghargai karya orang lain, memahami ayat-ayat al-Quran tentang pengembangan ilmu pengetahuan teknologi. Nilai karakter bersahabat/komunikatif dimasukkan dalam Stadar Kompetensi memahami ayat-ayat al-Quran tentang keikhlasan dalam beribadah, siswa membaca latihan berkelompok, membiasakan perilaku terpuji, menghindari perlikaku tercela, memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah. 

Nilai karakter cinta damai dimasukkan dalam Standar Kompetensi memahami ayat-ayat al-Quran tentang demokrasi, menghindari perlikaku tercela, memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa, mencerminkan perilaku terpuji taubat dan raja’, persatuan dan kerukunan, menghindari isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah. 

Nilai karakter gemar membaca dimasukkan dalam Standar Kompetensi memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi, memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang demokrasi, meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna, menghindari perilaku tercela, memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah, memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan, memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa, memahami hukum Islam tentang Mu’amalah, memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250–1800), memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, memahami ayat-ayat al-Quran tentang anjuran bertoleransi, memahami ayat-ayat al-Quran tentang etos kerja. 

Nilai karakter peduli lingkungan dimasukkan dalam memahami hukum Islam tentang infaq, zakat, haji dan waqaf, memahami ayat-ayat alQur’an tentang kompetisi dalam kebaikan, memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup. Nilai karakter peduli sosial dimasukkan dalam Standar Kompetensi memahami hukum Islam tentang infaq, zakat, haji dan waqaf, memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa, memahami sifat adil, ridha, dan amal shaleh, menghindari isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah. 

Nilai karakter tanggung jawab dimasukkan dalam Standar Kompetensi memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi, menampilkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri, membiasakan perilaku terpuji, menghindari perilaku tercela, memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan, meningkatkan keimanan kepada Rasul-Rasul Allah, mencerminkan perilaku terpuji taubat dan raja’, memahami ayat-ayat al-Quran tentang anjuran bertoleransi, memahami ayat-ayat al-Quran tentang etos kerja, meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir, memahami hukum Islam tentang hukum keluarga, memahami perkembangan Islam di Indonesia, memahami ayat-ayat al-Quran tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memahami hukum Islam tentang waris.
Blog, Updated at: 06.36

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts