1227 Kata Esai Tentang Tentingnya Bioteknologi

1227 Kata Esai Tentang Tentingnya Bioteknologi
Bioteknologi adalah bidang biologi terapan yang melibatkan penggunaan makhluk hidup di bidang teknik, teknologi, kedokteran, dan aplikasi lainnya yang berguna. Penggunaan modern istilah tersebut termasuk rekayasa genetika serta teknologi sel dan kultur jaringan. Konsep ini meliputi berbagai prosedur untuk memodifikasi organisme hidup sesuai dengan tujuan manusia.

Konvensi PBB tentang Keanekaragaman Hayati mendefinisikan bioteknologi sebagai "setiap aplikasi teknologi yang menggunakan sistem biologi, organisme hidup, atau turunannya, untuk membuat atau memodifikasi produk atau proses untuk penggunaan khusus".

Bioteknologi mengacu pada ilmu biologi murni seperti genetika, mikrobiologi, kultur sel hewan, biologi molekuler, biokimia, embriologi, biologi sel, dll Dalam banyak kasus, hal ini juga tergantung pada pengetahuan dan metode dari luar bidang biologi seperti teknik kimia , rekayasa bioproses, teknologi informasi, dan robotika bio. Sebaliknya, ilmu biologi modern termasuk ekologi molekuler sangat erat terjalin dan tergantung pada metode yang dikembangkan melalui bioteknologi.

Karena kemajuan pesat dalam penelitian, bioteknologi sedang diterapkan secara luas dalam pengobatan dan pertanian. Penerapannya dalam kedokteran termasuk pharmacogenomics, produk farmasi, pengujian genetik, terapi gen, proyek genom manusia dan bahkan kloning. Di bidang pertanian itu diterapkan untuk meningkatkan hasil panen; mengurangi kerentanan tanaman terhadap perubahan lingkungan; meningkatkan kualitas gizi; meningkatkan rasa, tekstur atau penampilan makanan; mengurangi ketergantungan pada pupuk, pestisida dan bahan kimia pertanian lainnya; dan untuk menghasilkan zat baru dalam tanaman.

Bidang bioteknologi modern diperkirakan sebagian besar telah dimulai pada tanggal 16 Juni 1980, ketika Mahkamah Agung Amerika Serikat memutuskan bahwa mikroorganisme yang dimodifikasi secara genetik bisa dipatenkan dalam kasus Berlian vs Chakrabarty. Kelahiran India Ananda Chakrabarty, bekerja untuk General Electric, telah mengembangkan bakteri, berasal dari genus Pseudomonas, mampu memecah minyak mentah, yang ia mengusulkan untuk digunakan dalam mengobati tumpahan minyak.

Hari ini, selain kesehatan dan pertanian, bioteknologi memiliki aplikasi non makanan (industri) menggunakan tanaman dan produk lainnya (misalnya plastik biodegradable, minyak sayur, biofuel), dan penggunaan lingkungan. Sebagai contoh, salah satu aplikasi bioteknologi adalah penggunaan diarahkan organisme untuk pembuatan produk organik (contoh termasuk bir dan produk susu). Contoh lain adalah menggunakan bakteri alami hadir oleh industri pertambangan di bioleaching. Bioteknologi juga digunakan untuk mendaur ulang, mengolah limbah, situs pembersihan terkontaminasi oleh kegiatan industri (bioremediasi), dan juga untuk memproduksi senjata biologi.
Bioteknologi sebagai subjek telah menjadi begitu besar sehingga beberapa cabang telah dipotong dan serangkaian istilah yang berasal telah diciptakan untuk mengidentifikasi mereka. Bioinformatika adalah bidang interdisipliner yang menangani masalah-masalah biologi dengan menggunakan teknik komputasi, dan membuat organisasi cepat dan analisis data biologis mungkin. Bioinformatika memainkan peran kunci dalam berbagai bidang, seperti genomik fungsional, genomik struktural, dan proteomik, dan membentuk komponen kunci dalam bioteknologi dan farmasi sektor.

Sementara bioteknologi biru mengacu pada kelautan dan aplikasi air bioteknologi, bioteknologi hijau diterapkan pada proses pertanian, bioteknologi merah diterapkan untuk proses medis, dan bioteknologi putih diterapkan untuk proses industri. Investasi dan output ekonomi semua jenis bioteknologi diterapkan disebut sebagai ekonomi bio.

Dalam dunia kedokteran, bioteknologi modern menemukan aplikasi yang menjanjikan dan sering dikaitkan dengan penggunaan mikroorganisme yang diubah secara genetik seperti E. coli atau ragi untuk produksi zat seperti insulin sintetis atau antibiotik. Hal ini juga dapat merujuk kepada hewan transgenik atau tanaman transgenik, seperti jagung. Genetik diubah sel mamalia, seperti indung telur hamster Cina (CHO) sel, juga digunakan untuk memproduksi obat-obatan tertentu. Bioteknologi juga umumnya terkait dengan terobosan penting dalam terapi medis baru untuk mengobati hepatitis B, hepatitis C, kanker, arthritis, hemofilia, patah tulang, multiple sclerosis, dan gangguan kardiovaskular.

Industri bioteknologi juga telah berperan dalam mengembangkan perangkat diagnostik molekuler yang dapat digunakan untuk menentukan populasi pasien target untuk biofarmasi yang diberikan. Aplikasi bioteknologi baru lainnya yang menjanjikan adalah pengembangan obat-obatan tanaman buatan.

Sebuah keuntungan dari bioteknologi modern adalah bahwa hal itu dapat digunakan untuk memproduksi obat-obatan yang ada relatif mudah dan murah. Bioteknologi modern telah berkembang, sehingga memungkinkan untuk menghasilkan lebih mudah dan relatif murah hormon pertumbuhan manusia, faktor pembekuan untuk penderita hemofilia, obat kesuburan, erythropoietin dan obat lain. Pengetahuan genom gen yang terlibat dalam penyakit, jalur penyakit, dan situs obat-respon yang diharapkan mengarah pada penemuan ribuan target baru.

Di bidang pertanian, menggunakan teknik bioteknologi modern, satu atau dua gen dapat ditransfer ke berbagai tanaman sangat maju untuk memberikan karakter baru yang akan meningkatkan hasil nya. Namun, sementara peningkatan hasil panen adalah aplikasi yang paling jelas dari bioteknologi modern di bidang pertanian, juga yang paling sulit. Teknik rekayasa genetika saat ini bekerja terbaik untuk efek yang dikendalikan oleh gen tunggal.

Banyak karakteristik genetik yang terkait dengan hasil (misalnya, meningkatkan pertumbuhan) dikendalikan oleh sejumlah besar gen, yang masing-masing memiliki efek minimal terhadap hasil keseluruhan. Ada, oleh karena itu, banyak karya ilmiah yang harus dilakukan di daerah ini.

Aplikasi lain dari bioteknologi melibatkan mengembangkan tanaman yang mengandung gen yang memungkinkan mereka untuk menahan cekaman biotik dan abiotik. Bioteknologi yang mempelajari tumbuhan yang dapat mengatasi kondisi ekstrim seperti kekeringan dan tanah berlebihan asin dengan harapan menemukan gen yang memungkinkan mereka untuk melakukannya dan akhirnya mentransfer gen ke tanaman yang lebih diinginkan.

Bioteknologi juga akan membantu dalam memodifikasi protein dalam makanan untuk meningkatkan kualitas gizi mereka. Protein dalam kacang-kacangan dan sereal dapat diubah untuk memberikan asam amino yang dibutuhkan oleh manusia untuk diet seimbang. Bioteknologi modern dapat digunakan untuk memperlambat proses pembusukan sehingga buah yang dapat matang lagi pada tanaman dan kemudian diangkut ke konsumen dengan kehidupan rak masih wajar. Hal ini mengubah rasa, tekstur dan penampilan buah. Lebih penting lagi, kamera jaringan yang memungkinkan pemerintah untuk menonton setiap gerakan kami, penemuan cepat produk yang menakjubkan, atau pengembangan senjata cukup cepat untuk mengacaukan setiap perlombaan senjata.

Seluruh konsep nanoteknologi maju dan MM sangat kompleks, asing, dan mengejutkan dalam implikasinya, bahwa beberapa ilmuwan dan insinyur telah tegas menyatakan hal itu tidak mungkin. Perdebatan selanjutnya bingung dengan ilmu-fiksi hype dan kesalahpahaman media yang. Namun, terlepas dari kritik tersebut, jika nanotechnologists yang dapat dipercaya, teknologi akan terjadi menawarkan potensi besar untuk manfaat bagi umat manusia, dan juga membawa bahaya parah. Sementara itu adalah tepat untuk memeriksa dengan seksama risiko dan kemungkinan toksisitas nanopartikel dan produk lainnya dari teknologi skala Nano, bahaya terbesar yang ditimbulkan oleh penggunaan sembarangan atau tidak bijaksana manufaktur molekul.

Dilihat dengan pesimisme, MM bisa tampil terlalu riskan untuk dibiarkan berkembang untuk mendekati potensi penuh. Namun, pendekatan naif untuk membatasi R & D, seperti pelepasan, cacat untuk setidaknya dua alasan. Pertama, itu akan hampir pasti tidak mungkin untuk mencegah perkembangan MM suatu tempat di dunia. China, Jepang, dan negara-negara Asia lainnya telah berkembang program nanoteknologi, dan kemajuan pesat teknologi yang memungkinkan seperti bioteknologi, MEMS, dan scanning-probe microscopy memastikan bahwa upaya R & D akan jauh lebih mudah dalam waktu dekat daripada sekarang.

Kedua, MM akan memberikan manfaat yang terlalu bagus untuk dilewatkan, termasuk perbaikan lingkungan; bersih, murah, dan efisien manufaktur; terobosan medis; komputer sangat kuat; dan akses yang lebih mudah ke ruang angkasa. Jadi mempersiapkan diri dan dunia untuk teknologi ini memperoleh urgensi.
Blog, Updated at: 14.03

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts