8 Sumber Modal Kerja Keuangan

8 Sumber Modal Kerja Keuangan
Sumber dana jangka pendek yang digunakan untuk pembiayaan variabel bagian dari modal kerja terutama adalah sebagai berikut:
1. Pinjaman dari bank-bank komersial
2. deposito Umum
3. Kredit Perdagangan
4. Anjak
5. tagihan Diskon pertukaran
Cerukan 6. Bank dan kredit kas
7. Uang muka dari pelanggan
8. rekening Accrual

Ini dibahas pada gilirannya.
1. Pinjaman dari Bank Umum:
Usaha Kecil dapat meningkatkan pinjaman dari bank komersial dengan atau tanpa keamanan. Metode pembiayaan tidak memerlukan formalitas hukum kecuali bahwa menciptakan hipotek atas aset. Pinjaman dapat dibayarkan sekaligus atau di bagian. Pinjaman jangka pendek juga dapat diperoleh dari bank pada keamanan pribadi dari direksi suatu negara.

Pinjaman tersebut dikenal sebagai uang muka yang bersih. Keuangan Bank disediakan untuk kecil usaha skala pada tingkat bunga lunak. Oleh karena itu, umumnya sumber yang lebih murah membiayai kebutuhan modal kerja perusahaan. Namun, metode ini mengumpulkan dana untuk modal kerja adalah proses yang memakan waktu.

2. Deposit Umum:
Seringkali perusahaan merasa mudah dan nyaman untuk mengumpulkan dana jangka pendek dengan mengundang pemegang saham, karyawan dan masyarakat umum untuk deposit tabungan mereka dengan perusahaan. Ini adalah metode sederhana penggalangan dana dari masyarakat untuk perusahaan yang hanya untuk mengiklankan dan menginformasikan kepada masyarakat bahwa itu disahkan oleh Companies Act 1956, untuk menerima simpanan masyarakat.

Simpanan masyarakat bisa diajak dengan menawarkan bunga yang lebih tinggi dari bunga deposito bank diperbolehkan di. Namun, perusahaan dapat mengumpulkan dana melalui deposito publik dikenakan maksimal 25% dari modal disetor dan cadangan bebas.

Namun, perusahaan-perusahaan skala kecil dibebaskan dari pembatasan batas maksimum simpanan masyarakat jika mereka memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Jumlah deposit tidak melebihi Rs. 8 lakhs atau jumlah modal disetor mana yang kurang.
  1. Modal disetor tidak melebihi Rs. 12 lakh.
  2. Jumlah deposan tidak lebih dari 50%.
  3. Tidak ada undangan kepada masyarakat untuk deposito.
Kelebihan utama sumber ini penggalangan dana adalah bahwa hal itu sederhana serta lebih murah. Namun, kelemahan terbesar yang terkait dengan sumber ini adalah bahwa hal itu tidak tersedia untuk pengusaha selama depresi dan keketatan keuangan.

3. Kredit Perdagangan:
Sama seperti perusahaan menjual barang secara kredit, mereka juga membeli bahan baku, komponen dan barang lainnya secara kredit dari pemasok mereka. Dengan demikian, hutang kepada pemasok yaitu, kreditur perdagangan untuk pembelian kredit saldo piutang dianggap sebagai sumber keuangan. Umumnya, pemasok memberikan kredit kepada klien mereka untuk jangka waktu 3 sampai 6 bulan.

Dengan demikian, mereka menyediakan, dengan cara, pembiayaan jangka pendek kepada perusahaan pembelian. Sebagai soal fakta, ketersediaan jenis ini keuangan sangat tergantung pada volume bisnis. Lebih volume bisnis yang lebih akan ketersediaan jenis keuangan dan sebaliknya.

Ya, volume kredit perdagangan yang tersedia juga tergantung pada reputasi perusahaan pembeli, posisi keuangan, tingkat persaingan di pasar, dll Namun, availing kredit perdagangan melibatkan hilangnya diskon tunai yang bisa diperoleh jika pembayaran dilakukan dalam waktu 7 sampai 10 hari dari tanggal pembelian barang. Hilangnya diskon tunai dianggap sebagai biaya implisit kredit perdagangan.

4. Anjak:
Anjak adalah layanan keuangan yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola utang dan piutang buku mereka dengan cara yang lebih baik. Utang buku dan piutang ditugaskan ke bank yang disebut 'faktor' dan uang tunai diwujudkan di muka dari bank. Untuk memberikan jasa tersebut, biaya atau komisi yang dibebankan biasanya persentase dari nilai utang buku / piutang diperhitungkan.

Ini adalah metode meningkatkan modal jangka pendek dan dikenal sebagai 'anjak'. Di satu sisi, hal ini membantu perusahaan pemasok untuk mengamankan keuangan terhadap utang buku mereka dan piutang, dan di sisi lain, itu juga membantu dalam menghemat upaya pengumpulan utang buku.

Kerugian dari anjak adalah bahwa pelanggan yang benar-benar dalam kesulitan asli tidak mendapatkan kesempatan menunda pembayaran yang mereka mungkin telah dinyatakan dapatkan dari perusahaan pemasok.

Dalam konteks sekarang di mana penyakit industri menyebar seperti epidemi, alasan yang terutama di SSI sektor yang tertunda pembayaran dari pemasok mereka; ada alasan yang jelas untuk pengenalan sistem anjak piutang. Ada beberapa kemajuan juga di bagian depan ini.

Rekomendasi dari Kelompok Studi (RBI 1996) untuk memeriksa kelayakan mendirikan anjak organisasi di negeri ini, di bawah kepemimpinan Shri CS Kalyanasundaram telah diterima oleh Pemerintah India. Grup adalah pandangan bahwa anjak unit SSI bisa membuktikan menjadi saling menguntungkan kedua Faktor dan unit SSI dan Faktor harus membuat setiap usaha untuk mengarahkan strategi mereka mengkristal potensi permintaan dari sektor ini.

5. Bills Diskon Exchange:
Ketika barang yang dijual secara kredit, tagihan pertukaran umumnya diambil untuk diterima oleh pembeli barang. Tagihan umumnya diambil untuk jangka waktu 3 sampai 6 bulan. Dalam prakteknya, penulis tagihan, bukannya memegang tagihan sampai tanggal jatuh tempo, lebih memilih untuk diskon mereka dengan bank-bank komersial pada pembayaran biaya yang dikenal sebagai diskon.

Istilah 'diskonto tagihan' digunakan dalam hal waktu tagihan sedangkan istilah, 'pembelian tagihan' digunakan dalam hal tagihan permintaan. Tingkat diskonto yang dikenakan oleh bank yang diresepkan oleh Reserve Bank of India (RBI) dari waktu ke waktu. Hal ini biasanya berjumlah bunga untuk periode dari tanggal diskon sampai dengan tanggal jatuh tempo tagihan.

Jika tagihan yang ditolak pada saat jatuh tempo, bank mengembalikan RUU ditolak untuk perusahaan yang kemudian menjadi bertanggung jawab untuk membayar jumlah yang bank. Biaya membesarkan keuangan dengan metode ini adalah jumlah diskon yang dibebankan oleh bank. Metode ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan pembiayaan jangka pendek.

6. Bank cerukan dan Cash Credit:
Cerukan adalah fasilitas yang diberikan oleh bank untuk nasabah mereka saat ini untuk periode singkat umumnya seminggu. Sebuah pemegang rekening saat ini dibiarkan untuk menarik diri dari deposito saat ini upto batas tertentu atas saldo dengan bank. Tingkat bunga yang dikenakan hanya pada jumlah sebenarnya tekor. Fasilitas cerukan juga diberikan terhadap surat berharga.

Kredit kas adalah pengaturan dimana bank-bank komersial memungkinkan meminjam uang sampai batas tertentu yang dikenal sebagai 'batas kredit tunai. " Fasilitas kredit tunai diperbolehkan terhadap keamanan. Batas kredit tunai dapat direvisi dari waktu ke waktu sesuai dengan nilai surat berharga. Uang begitu tertarik dapat dilunasi sebagaimana dan bila memungkinkan.

Tingkat bunga yang dikenakan pada jumlah aktual yang diambil selama periode lebih pada batas sanksi. Tingkat bunga yang dikenakan pada kedua cerukan dan kredit kas relatif lebih tinggi dari suku bunga yang diberikan pada deposito bank. Mengatur cerukan dan kredit kas dengan bank-bank komersial telah menjadi metode yang umum diadopsi oleh perusahaan untuk memenuhi jangka pendek mereka keuangan, atau mengatakan, kebutuhan modal kerja.

7. Uang Muka Pelanggan:
Salah satu cara untuk mengumpulkan dana untuk kebutuhan jangka pendek adalah untuk menuntut muka dari pelanggan sendiri. Contoh kemajuan dari pelanggan muka dibayar pada saat pemesanan mobil, sambungan telepon, datar, dll Hal ini telah menjadi sumber yang semakin populer keuangan jangka pendek antara usaha kecil terutama karena dua alasan.

Pertama, perusahaan tidak membayar bunga atas uang muka dari pelanggan mereka. Kedua, jika ada perusahaan yang membayar bunga atas uang muka, yang juga pada tingkat nominal. Dengan demikian, uang muka dari pelanggan menjadi salah satu sumber termurah penggalangan dana untuk pertemuan modal kerja perusahaan.

8. Rekening Akrual:
Secara umum, ada sejumlah waktu kesenjangan antara pendapatan yang diperoleh dan sebenarnya diterima atau pengeluaran menjadi jatuh tempo dan sebenarnya dibayar. Gaji, upah dan pajak, misalnya, jatuh tempo pada akhir bulan tetapi biasanya dibayar pada minggu pertama bulan berikutnya. Dengan demikian, gaji yang luar biasa dan upah sebagai biaya selama seminggu membantu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan modal kerja mereka. Sumber dana membesarkan tidak melibatkan biaya apapun.
Blog, Updated at: 14.39

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts