Tahapan-Tahapan Dalam Riset Operasi

Definisi Riset Operasi 
Defenisi Riset Operasi adalah riset dengan penerapan metode ilmiah melalui suatu tim secara terpadu untuk memecahkan permasalahan yang timbul dalam kegiatan optimum. 

Riset Operasi mencakup dua kata yaitu riset yang harus menggunakan metode ilmiah dan operasi yang berhubungan dengan proses atau berlangsungnya suatu kegiatan (proses produksi, proses pengiriman barang/militer/senjata, proses pemberian pelayanan melalui suatu antrian yang panjang). 

Defenisi yang cukup panjang adalah Riset Operasi merupakan aplikasi metode ilmiah terhadap permasalahan yang kompleks dalam mengarahkan dan mengendalikan sistem yang luas mengenai kehidupan manusia, mesin-mesin, material, dan uang dalam industri, bisnis, pemerintahan dan pertanahan. 

Pendekatan yang terbaik adalah mengembangkan suatu model ilmiah dari sistem tersebut, pengukuran yang menyeluruh mengenai faktor-faktor seperti kesempatan dan resiko yang dipergunakan untuk meramalkan atau membandingkan hasil keputusan-keputusan strategis atau pengendalian-pengendalian yang bersifat alternatif. Tujuannya adalah membantu manajemn untuk menentukan kebijakan dan tindakannya secara ilmiah. 

Tahapan-Tahapan Dalam Riset Operasi 
  1. Merumuskan atau menganalisis persoalan sehingga jelas tujuan apa yang akan dicapai (objectives). 
  2. Pembentukan model matematika untuk mencerminkan persoalan yang akan dipecahkan. Biasanya model dinyatakan dalam bentuk persamaan yang menggambarkan hubungan antara input dan output serta tujuan yang akan dicapai dalam bentuk fungsi objektif (objectives function). 
  3. Mencari pemecahan dari model yang telah dibuat dalam tahap sebelumnya, misalnya dengan menggunakan metode simpleks.
  4. Menguji model dan hasil pemecahan dari penggunaan model. Sering disebut juga validasi. 
  5. Implementasi hasil pemecahan. 
Jenis Persoalan yang Dipecahkan Dengan RO 
  • Linear Programming, pemecahan persoalan yang berkenaan dengan penugasan personil, distribusi dan transportasi. 
  • Dynamic Programming, pemecahan persoalan perencanaan pengeluaran periklanan, distribusi penjualan, dan penjadwalan produksi. 
  • Teori Antrian, pemecahan persoalan kemacetan lalu-lintas, pelayanan mesinmesin akibat kerusakan, penjadwalan lalu lintas udara, dan meminimumkan waktu menunggu menerima pelayanan. 
  • Teori Inventori, 
  • Game Theory
Blog, Updated at: 05.43

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts