Susunan Tim Evaluasi Diri Beserta Deskripsi Tugasnya

Susunan Tim Evaluasi Diri Beserta Deskripsi Tugasnya 
Evaluasi diri merupakan upaya Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu, untuk mengetahui gambaran kinerja dan keadaan program studi melalui pengkajian dan analisis mendalam yang dalam pelaksanaannya melibatkan pakar sejawat dari luar program studi.

Tujuan evaluasi diri adalah untuk :
1. Mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang profil Program Studi Pendidikan Agama Islam.
2. Mengetahui kekuatan, kelemahan, tantangan dan peluang pengembangan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
3. Merumuskan rencana strategi pengembangan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
4. Menjaga kualitas internal Program Studi Pendidikan Agama Islam. 

Dalam rangka evaluasi diri Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI Universitas Muhammadiyah Bengkulu, telah dilakukan pertemuan-pertemuan antara program studi dengan fakultas guna mempersiapkan pembentukan tim kerja yang terdiri atas unsur pimpinan, tenaga pengajar, dan tenaga administrasi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Keterlibatan para staf tersebut dimaksudkan untuk dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor UMB Tahun 2011 tentang Pengangkatan Tim Borang Akreditasi dan Evaluasi Diri Program Studi Pendidikan Agama Islam Islam Fakultas Agam Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu, maka susunan Tim Evaluasi Diri ini adalah sebagai berikut:
  • Penanggung Jawab : Dra. Hj. Amnah Qurniati, M.Pd.I. (Dekan FAI)
  • Narasumber : Drs. Onsardi, MM (Wakil Rektor I)
  • Badan Penjamin Mutu UMB 
  • Ketua : Drs. Surohim, M.S.I.
  • Sekretaris : Nurhadi, MA.
  • Anggota : 
  1. Drs. Syubli, M.Ag (Dosen)
  2. Elfa Syukria, MA. (Dosen). 
  3. Drs. Rifa’i, M.Pd (Dosen)
  4. Mukhlizar, S.Ag (Dosen)
  5. Dra. Efriyani (Kepala TU)
  6. Desi Firmasari, S.Ag (Karyawan)
Deskripsi Tugas Tim Evaluasi Diri
Tim Evaluasi Diri Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas agama Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu dibentuk dalam rangka peninjauan terhadap beberapa aspek dalam rangka akreditasi dan peningkatan kualitas Prodi PAI pada masa-masa yang akan datang. Aspek-aspek itu meliputi antara lain Visi, misi, sasaran dan tujuan, pengelolaan lembaga, sistem pengendalian mutu dan sistem informasi, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan, sarana dan prasarana, penelitian dan publikasi, pengabdian masyarakat dalam rangka pengembangan prodi. Oleh karena itu, tim ini terdiri dari orang-orang yang kredibel untuk melakukan berbagai evaluasi tersebut.

Selain itu, untuk lebih menyederhanakan dan mengoptimalkan fungsi dan kerjanya, maka tim ini hanya terdiri dari lima unsur, struktur dan keanggotannya terdiri dari komponen universitas, fakultas, dan program studi, sehingga diharapkan evaluasi yang dibuat akan lebih komprehensif.

Deskripsi Tugas (Job Description)
Adapun fungsi, tugas, dan bidang kerja msing-masing bidang adalah sebagai berikut:

1. Ketua
a. Berfungsi memimpin dan mengkoordinasi Tim Evaluasi Diri agar dapat bekerja secara maksimal dalam menghasilkan evaluasi yang komprehensif bagi pengembangan Prodi Pendidikan Agama Islam di masa yang akan datang.
b. Bertanggung jawab dalam penyusunan program evaluasi diri. 
c. Menyusun jadwal pelaksanaan. 
d. Memberikan pengarahan kepada tim sesuai dengan tugas masing-masing. 

2. Sekretaris
a. Membantu ketua dan bertanggung jawab dalam mengkoordinir pekerjaan tim evaluasi yang sifatnya administratif, baik dalam bentuk pencatatan maupun pengarsipan berbagai dokumen yang terkait dengan evaluasi diri.
b. Mengumpulkan dan mendistribusikan data pendukung yang dibutuhkan. 
c. Melakukan komunikasi dan korespondensi terhadap pihak-pihak terkait. 
d. Melakukan kegiatan administrasi kesekretariatan bagi penyusunan evaluasi diri..

3. Anggota
a. Membantu ketua dalam mengevaluasi bebrbagai hal yang terkait dengan sumber daya manusia, kurikulum, sarana dan prasarana, proses belajar-mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat dan alumni, dan analisis SWOT dalam usaha pengembangan prodi.
b. Bertanggung jawab kepada ketua dan melaksanakan berbagai tugas yang diberikan oleh tim dengan kesepakatan bersama.

Mekanisme Kerja
1. Untuk memaksimalkan kerja tim, rapat dan pertemuan diadakan sedikitnya satu minggu sekali untuk membahas berbagai hal yang perlu untuk dievaluasi.
2. Sebelum rapat diadakan, sekretaris harus menyiapkan berbagai dokumen yang terkait dengan berbagai hal yang hendak dievaluasi.
3. Rapat dipimpin oleh ketua atau yang diminta oleh ketua untuk memimpin rapat apabila ketua berhalangan.
4. Keputusan evaluasi dilakukan secara musyawarah untuk memperoleh hasil yang terbaik dengan mempertimbangakan visi, misi, kebutuhan dan kepentingan univurtsitas, fakultas, dan prodi.
5. Hasil evaluasi diserahkan kepada BPM untuk dilakukan Monev UMB, kemudian dilakukan perbaikan oleh Tim, dan selanjutnya dikirim ke BAN-PT
Blog, Updated at: 04.22

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts