Filsafat Pendidikan Menurut Ki Dewan Tara

Filsafat Pendidikan Menurut Ki Dewan Tara 
Karna pendidkan bagi setiap orang sangat penting unutk menjadi orang yang berakhlak mulia, bijaksana serta menjadi pemimpin yang membawa bangsa ini menjadi lebih baik. Seorang yang menjadi pemimpin sebaiknya memahami arti dari filosofi pendidikan itu sendiri. Karna tanpa pendidikan seseorang tidak bisa menjadi seorang pengajar atau pemimpin. Maka erat hubunganya dengan filosofi pendidikan menurut Bapak pendidikan kita sebagai berikut:

1. ING NGARSO SUNG TULODHO:
Seseoraang Pemimpin apabila didepan harus bisa memberi contoh atau menjadi panutan bagi yang dpimpin atau warganya atau peserta didiknya. Di sini kita diajak agar selalu memperhatikan di belakangnya jika sudah memiliki kekuatan. Aplikasinya bisa dalam keluarga, sekolah, masyarakat. Dan bahkan bagi yang duduk dalam bidang pemerintahan selalu memperhatikan rakyanya yang tertinggal tanpa mementingkan kepentingan sendiri. Demikian juga di bidang pendidikan agar melihat anak-anak yang kurang mampu akan di beri tunjangan dengan memberi kesempatan untuk duduk di bangku sekolah.

2. ING MADYO MANGUN KARSO:
Seorang Pemimpin apabila berada ditengah tengah masyarakat harus bisa membangkitkan semangat atau memberi motivasi supaya lebih maju, atau lebih baik. Dalam hal ini kita sebagai masyarakat yang menjadi pusat pendorong setiap kita yang sedang maju tanpa menjatuhkan tetapi memberi dukungan morill atau materi jika ada. Karna seorang pemimpin yang maju tidak akan lupa kepada kita yang telah menjadi suadaranya saat dia mendapat dukungan dari sahabatnya.

3. TUT WURI HANDAYANI:
Seorang Pemimpin apabila berada dibelakang harus bisa mendorong masyarakat/yang dipimpin supaya senantiasa lebih maju. Berbicara pemimpin yang berada di belakang, sebaiknya tidak melihat siapa yang akan didorongnya. Memberi dukungan bagi sesama tanpa memandang berbagai bentuk perbedaan suku, bahasa, budaya, pendidikan maupun kehidupan dalam status sosialnya dalam bermasyarakat. http://yahyono69.wordpress.com/2011/05/09/filsafat-pendidikan-dari-ki-hajar-dewantara/

Sebagai bahan acuan lain juga yang penting kita lihat agar menjadi bahan perbandingan yang sudah di ungkapkan oleh KI Hajar Dewantara ialah pendidikan di Indonesia.

Pendidikan Indonesia adalah segala macam bentuk masalah yang dihadapi oleh program-program pendidikan di negara Indonesia. Seperti yang diketahui dalam TAP MPR RI No. II/MPR/1993 dijelaskan bahwa program utama pengembangan pendidikan di Indonesia adalah sebagai berikut. 
  • Perluasan dan pemerataan kesempatan mengikuti pendidikan 
  • Peningkatan mutu pendidikan 
  • Peningkatan relevansi pendidikan 
  • Peningkatan Efisiensi dan efektifitas pendidikan 
  • Pengembangan kebudayaan 
  • Pembinaan generasi muda 
Adapun masalah yang dipandang sangat rumit dalam dunia pendidikan adalah sebagai berikut. 
  • Pemerataan 
  • Mutu dan Relevansi 
  • Efisiensi dan efektivitas 
Setiap masalah yang dihadapi disebabkan oleh faktor-faktor pendukungnya adapun faktor-faktor yang menyebabkan berkembangnya 4 masalah di atas adalah sebagai berikut.
  • Ilmu Pengeahuan dan Teknologi (IPTEK) 
  • Laju Pertumbuhan penduduk 
  • Kelemahan guru/dosen (tenaga pengajar) dalam menangani tugas yang dihadapinya, dan ketidakfokusan peserta didik dalam menjalani proses pendidikan (Permasalahan Pembelajaran). 
DAFTAR PUSTAKA 
  • http://asepyana666.blogspot.com/2013/02/pendidikan-menurut-ki-hajar-dewantara.html 
  • http://banihadi.blogspot.com/2011/06/makalah-pemikiran-pendidikan-ki-hajar.html 
  • http://blogger-imah.blogspot.com/2013/05/filsafat-pendidikan.html 
  • http://bruderfic.or.id/h-59/ 
  • http://gadis22.blogspot.com/2010/12/hubungan-konsep-dan-pelaksanaan.html 
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Dasar_Pendidikan 
  • http://mukhsinblog.blogspot.com/2010/06/pemikiran-pendidikan-ki-hajar-dewantara.html 
  • http://manajemendigilib.wordpress.com/2012/06/06/filosofis-pendidikan-ki-hadjar-dewantara/ 
  • http://penelitian.lppm.upi.edu/detil/1482/filsafat-pendidikan-ki-hadjar- dewantararelevansinya-sebagai-teori-pendidikandan-implikasinya-terhadap-praktek-pendidikan-umumdalam-konteks-
    pendidikan-nasional;-oleh:-tatang-syaripudin.
Blog, Updated at: 21.07

0 komentar :

Poskan Komentar

Popular Posts